Friday, May 18, 2012

Azka (20bln)



Yes !!! telah 20 bulan sudah usia si kecilku :), banyak hal baru yang menjadi perkembangan si toddler ku ini :
  1. Wicara 
    Yup, hampir 50 kata telah ada di memori otaknya, dari 1 kata hingga 3 kata telah dirangkai dengan indahnya, wow, bagi saya ini adalah anugrah terindah dalam hidup saya. Tiap pulang kantor jam 19.00 malam dengan segala penatnya kemancetan jakarta dan sisa stres kerjaan di kantor, tapi setelah melihat senyum dan celotehan azka, langsung jadi obat paling manjur, otak jadi fresh lagi hehehe. Maka aneh jika ada orang tua yang menyia-nyia kan anak, dan begitu kejamnya meninggalkan anak-anaknya :(. Tapi saya tak mau mikir hal-hal itu, itu adalah keputusan setiap orang tua. marilah kita liat apa perkembangan kata-kata azka di sebulan terakhir ini, inilah rekor kata-kata yang terangkai indah dari bibir mungilnya :
    • itu apa
    • itu siapa
    • mau kemana
    • ayah agus dimana
    • bunda win aja dech
    • merayap di dinding
    • naik ke atas
    • siram ma air
    • di taruh di kulkas 
    • mau es krim
    • tiga empat lima
    • naik kereta api
    • ikut ayah kerja
    • kotor !! sapu aja :)
    • mau makan
    • pake sendok
    • pake gelas aja
    • minum susu
    • gendong pake "endang" (selandang)
  2. Berat Badan - Tinggi Badan
    • BB azka di usia 20 bulan 11,5 kg dan tinggi badannya saya lupa gak liat :), besok saya update lagi, tp seinget saya sih sudah 100 cm waktu nimbang usia dia 15 bulan, hehehe. Karena imunisasi dia yang ke 18 bulan belum saya kasih krn lagi full banget jadwalnya jadi nyari waktu longgarnya agaka susah , maafkan bunda ya sayangku :)
    • sebulan terkahir ini daya tahan tubuhnya sepertinya lagi drop karena sudah 2 kali kena flue berat dengan selang waktu yang berdekatan. Baru ketularan saya batuk pilek 1 minggu, eh 2 minggu kemudian dia panas tinggi, batuk dan pilek. Sedih kalau liat si anak lagi sakit, karena si pecicilanku ini jadi pendiem dan susah makan, trus jadinya kolokan banget, dikit-dikit minta gendong dan nenen.
    •  Ini yang jadi PR saya sebagai ibu rumah tangga, gimana caranya agar anak bisa makan minum yang sehat dan bersih, kebutuhan tubuhnya seimbang antara karbo, vit, protein, lemak dan lain-lain. Saya sih sangat berusaha agar si kecilku terpenuhi semua kebutuhan tubuhnya, namun saya tidak bisa kontrol apakah makanan yang saya tinggalkan buat si kecil benar-benar dikasihin oleh art di rumah, apakah benar si kecil tidak makan sembarangan di luar sana. Ituah PR besar saya, agar azka daya tahan tubuhnya kuat , selain ASI yang sampai saat ini masih lancar jaya :)
    •  
  3. Gigi
    1. Kemajuan pesat di usia ke 20 bulannya karena sudah lengkap gigi gerahan azka yakni 2 atas dan 2 bawah jadi lengkaplah gigi geraham azka yakni 4 buah ...horeee
    2. untuk  gigi depan masih sama dengan bulan-bulan sebelumnya yakni 4 gigi depan atas dan 4 gigi depan bawah jadi total 8 buah, kalo ditotalin jadi 12 buah....ck..ck...ck..ck
    3. jangan tanya lagi masalah makannya , selama giginya nambah terus maka makanan apapun di lahap, asal gak ada cabe nya krn azka dah tahu kalo cabe itu pedes, jadi tiap liat makanan yang ada merah-merah cabe pasti dia teriak " emoh, pedes nda !!!!" sambil nutup mulut plus gelengen kepala, tanpa tak mau nrima tuch makanan...
  4. Jalan
    • Untuk masalah jalan , azka sudah tak terlalu banyak rintangan, masih saja tetep dengan lari-lari ngacirnya :)
    • paling yang masih menjadi kekwatiran saya, yakni sering jalan tanpa liat depan atau sampingnya, dia akan ngeloyor tanpa perhitungan yang akhirnya akahir nabrak benda yang di depannya 
    • Naik-naik ke kursi dan meja adalah keahlian dia yang tambah meng-gila di usia 20 bulan ini, dan anehnya dia tak akan takut jika dibilangin jatuh, adanya malah ketawa-tawa :)
    • senengnya main prosotan dan naik-naik ke tangga

      No comments: