Thursday, March 29, 2012

azka (18bln)


Alhamdullilah, umur mu sudah 18 bulan sekarang, waktu yang tak sedikit untuk menceritakan tentang tumbuh kembang anakku ini. Banyak hal baru yang telah dia bisa dari a sampai z. Yup, di usia satu setengah tahunnya perkembangan motorik azka semakin terlihat jelas, karena :
1. Jalan 

Untuk kategori jalan, memang awalnya azka telat jalan ketimbang temen-temen di komplek, namun bagi saya tidak lah terlalu telat untuk tumbuh kembang "jalan" ini karena pas usia 13 bulan lebih 3 minggu, akhirnya azka bisa melangkahkan kakinya tanpa bantuan apa dan siapa pun. Walau di awal-awal sering jatuh, namun tenyata  si peri kecilku ini tak mau putus asa, dia pantang menyerah untuk terus jalan dan jalan. Semakin hari semakin lancar prosesnya. Jatuh dan kejedot sudah hal biasa untuk tahap pembelajaran awal proses ini. Di ujungnya, orang tua juga yang jadinya kecapekan ngejar-ngejar larinya azka. Saat ini, dia tak mau duduk diem hanya menonton TV, tp rasa sosialisai untuk bergaul dan berkumpul dengan temen-temen sebaya nya di lapangan depan rumah sangat tinggi, tak heran jika kulitya makin gelap karena sering bermain di outdoor.

2. Bicara

Yach, untuk masalah tumbuh kembang yang satu ini, adalah hal yang paling menonjol dari perkembangan motoriknya, dari usia 11 bulan azka dah lancar menyebutkan orang-orang terdekatnya seperti ayah, bunda, mbah, ayam, meong, emoh, mau, minta. Jadi pas usia dia 18 bulan, makin lancarlah kosakatanya, dari 1 suku kata bisa lebih 2 suku kata yang di gabung. Beberapa nyanyian lagu anak-anak pun telah hapal dia nyanyikan seperti balonku ada lima, cicak-cicak di dinding, ujan rintik-rintik, burung kakak tua,naik sepeda. Tak heran kalau semua perkataan ayah bunda nya selalu dia tirukan.Sebagai orang tua kudu pinter-pinter milah milah perkataan yang baik karena otak si anak sangat cepat menangkap nya. Semua yang dia lihat selalu ditanyakan "apa", dan kalau kita tak menjawab maka azka akan terus mencecer dengan pernyataan sama "APA ???? ". hehehhehe, hebat ;ah pokoe kalau masalah ngomong, dah kayak burung beo, nyerocos mulu tiap hari hehehehe

3. Gigi

Untuk masalah gigi, azka memang agak lambat untuk tumbuh giginya , di usia 18bulan pun baru 8 buah gigi saja yang baru numbuh. Namun walaupun gigi baru 8 buah,namun makan apapun selalu dihajar sama si ndut ku ini. Makanan sudah sama dgn makanan ayah bundanya, hanya saja tanpa cabe. Namun bagi saya tidak masalah kalaupun umur segitu gigi belum 100% tumbuh, biarkan semua terjadi alamai tanpa harus di rangsang obata atau apapaun.

No comments: