Wednesday, February 01, 2012

Tumbuh Kembang Anak 13-15 bulan

Rasanya memang tidak pernah membosankan mengikuti perkembangan si kecil. Apalagi saat dia sudah memasuki tahun-tahun pertamanya. Begitu banyak hal baru yang mulai dilakukannya, terutama berkaitan dengan fungsi motorik kasarnya.
Kebebasan Menjelajah
Salah satu hal baru yang mulai dilakukan anak pada usia di atas 1 tahun ialah keterampilan berjalan. Grafik Milestone mencatat pada umumnya anak memulai proses belajar berjalan sejak usianya minimal 9 bulan sampai maksimal 18 bulan.
Usia 13 bulan:
Proses anak belajar berjalan antara lain ditandai dengan anak merangkak, berjongkok, berdiri sendiri, menjaga keseimbangan dan mulai berjalan sedikit demi sedikit. Namun jangan terkejut bila salah satu implikasi dari proses ini anak akan sangat sulit digendong, dipangku atau ditahan di satu tempat. Hal ini wajar, karena ia baru saja merasakan kebebasan untuk menjelajah.
Tidak perlu terlalu panik apabila anak sering terjatuh, tahanlah keinginan untuk segera bergegas mengangkat dan mengobatinya, kecuali jika dia memang benar-benar terluka. Terjatuh sesungguhnya merupakan bagian dari proses belajar berjalan itu sendiri. Bersabarlah dan sediakan tempat yang aman bagi si kecil untuk bereksplorasi dalam kebebasan barunya.
Anda juga tidak perlu terlalu buru-buru membelikan sepatu. Berjalan telanjang kaki di atas rumput atau pasir sebenarnya baik untuk batita, karena hal tersebut membantu perkembangan otot telapak kaki, juga mengasah rasa untuk keseimbangan tubuh. Namun jika anak sudah mulai mampu dan mau berjalan ke tempat-tempat yang bisa melukai kakinya, Anda juga perlu memakaikannya sepatu. Sepatu yang baik tidak harus mahal, yang penting perhatikan bahan dan ukuran yang pas.
Usia 14 bulan:
ketika anak sudah bisa berjalan selama beberapa minggu atau bahkan bulan, maka kepercayaan diri dan kemapanan anak pun semakin bertambah tiap harinya. Biasanya pada usia ini anak mulai senang memindahkan objek dari satu tempat ke tempat lain, sepertinya mereka tidak pernah lelah mendorong kotak atau ember mengelilingi ruangan. Bahkan anak akan mulai memanjat ke kursi atau meja. Antusiasmenya dalam menjelajah bisa saja melebihi kemampuannya, jadi Anda perlu memonitor eksplorasinya dengan lebih waspada.
Usia 15 bulan:
Meski mungkin belum dapat menapakkan kaki dengan sempurna, batita Anda semakin ingin mencoba berbagai cara berbeda dalam bergerak. Ia akan mencoba memanjat, berlari kecil, meloncat, melompat sampai berlari kencang. 


Pekerjaan Tangan

Usia 13 bulan:
Anak mulai membiasakan diri menggunakan tangannya. Umumnya pada usia ini anak menyukai pekerjaan tangan berupa memasukkan dan mengeluarkan, misalnya meletakkan mainan ke dalam kotak lalu melemparkannya kembali ke luar. Atau terkadang anak akan menyusun menara kecil dari 2-3 kotak kecil kemudian meruntuhkannya.
Usia 14 bulan:
Anak sedang mengasah indera perabanya terhadap berbagai macam sentuhan. Mereka ingin menyentuh dan merasakan apapun dengan tangan mereka: hewan peliharaan, tanaman di halaman rumah, atau kucuran air dari keran. Hal ini penting bagi batita, sebagai salah satu cara untuk mengingat karakteristik dan detail dari berbagai objek yang berbeda. Anda dapat pula membantu proses belajar sentuhan, melalui berbagai permainan dan aktivitas yang menggunakan berbagai macam benda yang karakteristiknya berbeda-beda.
Usia 15 bulan:
Lipstik, jam tangan, sisir, atau pensil bisa menjadi objek yang luar biasa dan sangat menarik bagi si anak 15 bulan. Bukan hanya karena objek-objek tersebut menarik untuk dilihat, tapi karena dia melihat Anda menggunakannya dan dia ingin melakukan hal yang sama. Masalahnya, Anda mungkin tidak mau batita Anda mencoba lipstik Anda! Oleh sebab itu tantangan bagi orangtua adalah mencari cara untuk meniru apa yang Anda lakukan tapi secara aman. Mungkin Anda dapat menyediakan satu set perlengkapan miliknya sendiri, seperti sisirnya sendiri untuk digunakan saat dia ingin meniru Anda merapikan rambut.

No comments: