Wednesday, February 01, 2012

Azka (15 -16Bulan)


Usia Azka 15 Bulan :)
Memang benar yang dikatakan dalam artikel online berikut ini "Meski mungkin belum dapat menapakkan kaki dengan sempurna, batita Anda semakin ingin mencoba berbagai cara berbeda dalam bergerak. Ia akan mencoba memanjat, berlari kecil, meloncat, melompat sampai berlari kencang ", dan memang azka pas usia 15 bulan ini lah lagi proses ber-ekplorasi, dari megang sisir, mencet saklar buat hidup dan matiin lampu kamar, naik meja dan joget-joget di atas meja, semuanya dilakukannya tanpa tahu tar resikonya kalau jatuh kayak apa. Benar sekali yang telah saya artikel di atas. :)

Yups, begitu banyak barang-barang saya dan ayahnya yang diobrak-abrik tiap saat : "Lipstik, jam tangan, sisir, atau pensil bisa menjadi objek yang luar biasa dan sangat menarik bagi si anak 15 bulan. Bukan hanya karena objek-objek tersebut menarik untuk dilihat, tapi karena dia melihat Anda menggunakannya dan dia ingin melakukan hal yang sama". Payung digunakannya di dalam rumah sambil diputar-puta, lipstik yang sudah tidak cantik lagi bentuknya karena seringnya azka colok-colokin, dompet sering ilang isanya dan ketuker isinya krn setiap pulang kerja yang dihajar buat diobrak-abrik adalah tas bundanya dan dompet ayahnya hehehhehe. Belum lagi tiap liat gambar pahlawan yang ada di uang kertas, si gembulku azka pasti akan teriak " ayah", yach dianggap gambar di poto duit itu adalah poto ayahnya ck..ck..ck..ck

Belum lagi acara tutup mulutnya disaat disuapin makanan, semuanya  makanan tidak disukainya, disembur-sembur dan diemut yang tak kunjung ditelan :). Itulah problema si azka di usia 15 bulannya. Dan ada tambahannya di usia 15 bulan ini dilakukan imunisasi MMR yang pertama kalinya oleh azka. Semuanya pasti tahu si MMR ini pro kontra nya seperti apa, katanya kalo anak di imunisasi MMR bikin anak autis, mau gak mau, saya jadi was-was juga. Tapi setelah saya banyak baca dan browsing akhirnya saya dan ayahnya putusin untuk imunsasi azka dgn MMR di Markas sehat PWR. kenapa saya milih markas sehat ? krn markas sehat ini , kumpulan dokter-dokter anak yang handal dimana beliau-beliau yang berprinsip RAM ( rasional use medacine ), jadi kudu bijak dalam menggunkan obat dan antibiotik, jangan asal cekokin ke balita nya. Makanya di hari sabtu pagi tgl 18 des 2011, saya meluncur ke PWR ragunan buat konsultasi dan imunisasi azka. Setelah ngobrol dan bertanya tentang pro kontra imunisasi MMR ke dokter jaga nya, akhir dapat lah ilmunya kalau MMR ini penting krn kondisi lingkungan , polusi, virus dan penyakit yang banyak macamnya saat ini jadinya keuntungannya lebih banyak dari pada ruginya. Malah yang tidak di anjurkan untuk imunisasi di usia 15 bulan adalah imunisasi PVC karena vaksin PVC ini masih import dan hasil reset nyapun dari virus di luar negeri, jadi dimana virus yang diteliti diluar negeri dgn di indonesia beda, keculai kalau kita mau jalan-jalan ke luar negri maka vaksin PVC ini perlu diimunisasikan ke balita kita. 

No comments: