Thursday, November 10, 2011

Azka (6 bulan)


Di Usia 6 bulan, ini adalah bulan pertama azka boleh makan makanan pendamping ASI... :) Karena bundanya saking antusiasnya jadi biar pas makan pertama kalinya bisa liat maka proses MPASI pertama azka pas dia umur 6 bulan kurang 3 hari hehehhe, karena jatuh 6 bulannya pas ahri kerja, jadilah dimajukan jadwal MPASI nya hehehhe. Ya, jam 10 pagi, kucoba suapin azka dengan makanan bubur beras merah cair plus dicampur ASI. Allhamdullilah, azka lahap sekali makannya.Memang rencanaku untuk makan ini, saya planningkan hanya jadi latihan pengenalan rasa saja, jadi porsi makannya hanya itungan sendok, jika gak habis juga gak apa-apa. Yang penting sih, azka bisa mengenal rasa, tektur agar merangsang tumbuh gigi nya. Emang sengaja saya pilih makanan yang bener-bener sehat dan alami,nah kupilih tepung gasol buat bahan makanan padat azka. Karena usia di bawah 1 tahun belum boleh ada gula garam, jadi semua menu MPASI azka masih pure, selain untuk gampang mendeteksi adanya alergi, proses pengenalan bahan-bahan yang pure dan belum di mix ini untuk memudahkan azka mengenal semua rasa dari manisnya buah, asamnya buah, pahitnya sayur, gurihnya kaldu dll.

Tak banyak yang berubah di usianya yang ke -6 bulan ini, azka melalui masa pertumbuhannya layaknya anak-anak lain. Pas usia 6.5 bulan inilah awal azka bisa merangkak. Dia berani merangkak dengan jarak jauh, dan tidak takut...horeeeeee.....berat badannya pun makin hari makin naik, dan mulutnya dah ngoceh tanpa henti walaupun hanya aaa..eee....oooo... :) Repotnya nambah pas bulan-bulan ini karena si bunda kudu bangun pagi buat nyiapin menu makan azka, dari menu pagi hingga sore kudu siap dan dimasak sendiri. Saya dah komitmen, untuk urusan makanan, saya gak mau gambling, kudu dibuat sendiri dengan bahan dan menu pilihan. Kubela-belain bangun jam 4 subuh, buat byiapin semuanya sebelum pergi kerja jam 7 pagi.

Walaupun azka dah boleh makan  dengan makanan padat, bukan berarti perjuangan bunda buat meres ASI di kantor berakhir loh, krn jatah full ASI tanpa tambahan formula kudu lulus selama 1 tahun. Jadi mau gak mau harus tercapai ini cita-cita. Cita-cita kudu dibarengin dengan niat, dan dukungan suami serta lingkungan sekitar. ASI tetap utama yang diperlukan oleh bayi dibawah umur 1 tahun, tambahan MPASI hanya untuk pengenalan rasa, jadi saya tak ambil peduli jika makanan azka tak habis dimakannya. Apapun itu memang berat perjuangannya, dari omongan temen, tetangga, ortu yang sok ngatur dan sok pengalaman buat ngasih menu atau tata cara ngasih MPASI, tapi teteplah kupingku ku tutup rapat-rapat buat info yang saya rasa itu yang sesuai dengan pola ajar anak saya. Menu bubur yang terlalu cair lah, hamparlah kalo tak pake bumbu gulgar, kudu habislah makannya kalo gak habis tar mati lah ayamnya, dan lain-lain. Itu semua hanya omongan orang-orang yang belum tahu cara searching tentang tata cara mendidik anak yang benar hehehhehe.

No comments: