Wednesday, November 02, 2011

Azka (5 bulan)

Di usia 5 bulan inilah pertama kalinya azka kena flu dan batuk. Karena belum pernah sakit, jadi bunda agak parno pas liat azka meler hidungnya. Tanya sana sini untuk proses pengobatan azka nya, tp belum nemu juga pake obat apa. Akhirnya diambil keputusan untuk di bawa ke dokter anak plus sekalian mau imunisasi ke-5 bulannya. Di dsa dyah di RSIA tambak akhirnya azka kubawa, karena tujuan utama nya sebenernya mau imunisasi, maka dokternya cek untuk diimun, tp karena batuk azka yang parah sehingga banyak dahak di dalamnya, dokter tidak berani untuk imunisasi azka, selain tubuh anak tidak fit, ditakutkan malah imun yang disuntikkna tidak bekerja efektif. Dokter dyah, malah menganjurkan azka untuk diuap di rumah sakit, kalau tidak diminumin puyer untuk mengeluarkan dahaknya. Tapi feeling saya sebagai ibu, ngrasa kalo puyer atau uap apalah itu tidak pas untuk usia azka yang masih relatif kecil, jadi akhirnya saya browsing-browsing tentang penganganan tanpa obat untuk bayi flu dan batuk. Akhirnya dapat info dari temen-temen di Facebook, dan di MOM, kalo sakit batuk pilek pada batita dan balita itu adalah common self , dimana batuk pilek ini terjadi karena daya tahan anak tidak fit sehingga gampang kena batuk pilek, penganannya tidak usah dikasih obat, krn di saat tubuh anak sudah fit maka penyakit tersebut akan hilang sendirinya.

Puyer dan kawan-kawannya tidak perlu dijejalkan pada anak yang sakit batuk dan pilek, hanya diobatin secara tradisional saja, akhirnya azka sembuh. Air matang ditaruh dipanci dan dikasih 3 - 5 tetes minyak kayu putih atau minyak telon, trus diuapin ke si azka, agar azka menghirup tuch uap yang kecampur minyak kayu putih, memang agak pedes-pedes seger uapnya, biar idungnya azka gak mampet krn pilek. Selain itu biar badannya anget maka kubalurin salep transfulmin baby tiap sore dan pagi setelah mandi. Tak lupa kujemur azka di bawah sinar matahari di pagi hari plus ditepuk-tepuk punggungnya agar dahaknya encer. Alhamdullilah setelah 3 hari dilakukan treatment diatas azka sembuh total, dahaknya keluar bareng pup nya, jadi pup nya ijo banget trus bau minyak kayu putih hehehhehe. Jadi jauhi obat-obatan buat batita selama pengobatan tradisonal masih bisa dilakukan :). Anak sehat, tak keluar duit, antibodi tubuh juga terjaga.

Memang jadi seorang ibu, kudu sering-sering baca dan dengar berita tentang anak baik untuk tumbuh kembang, masalah sakit dan pengobatannya, cara pengasuhan ampe tata cara makan minum serta bahan apa yang harus dimakan oleh si anak. Kalau kita hanya berpatokan bahwa dokter adalah tempat kita bertanya , itu salah, karena saat ini hampir 75% dokter anak itu menjual obat. Sakit sedikit langsung dikasih resep puyer atau vitamin bla..bla..bla. Sebagai ibu kudu melek ilmu tentang anak, jangan hanya dibodohi oleh kata-kata dokter, kita kudu berani bilang enggak jika hal itu tdk sesuai aturan. Susah memang nyari dokter anak yang peduli akan RUM (rasional use medicine ) yakni penggunaan obat yang rasional, dimana kalo tidak perlu dikasih obat, ngapain harus dicekokin ma obat dengan harga melangit.

Setelah browsing-browsing, nemulah milis markas sehat , aimi dan  milist mpasi rumahan dimana ketiga milist tersebut adalah milist orang-orang yang peduli dengan kesahatan bayi, ASI, anti obat, dan makanan rumahan yang sehat. Banyak hal yang saya pelajari dari ketiga milist itu. Jadi kalo azka sakit, saya tak pusing-pusing untuk bawa ke dokter, saya akan pakai cara tradional untuk masa penyembuhannya.


Selain ngomongin tentang kesehatan azka, di bulan februari 2011 ini juga pertama kalinya azka main ke TMII hehehhe, karena ada acara bunda buat reunian ma temen kost di bandung dulu. Ketemu ma selly yang mau ke sydne, novi, ingga kita bercanda di TMII. Gak lama acara temu kangen ini, hanya berkisar 1-2 jam-an saja, tetapi ini hal kenangan azka main di tempat umum pertama kalinya . Mungkin karena masih kecil jadi azka tidak terlihat ekpresi kegirangannya,jadi hanya standar saja ekpresinya :)


Di bulan februari ini juga pertengkaran ibuku ma adik ipar tejadi, karena gak mau diomongin jadi si adik ipar ngabek. Ibuku juga gitu, beliau ngambek karena ngrasa dilecehkan oleh anak kecil (adik ipar). Akhirnya kuambil keputusan untuk mengungsikan sementara ibuku ke rumah kakaku di bojong gede, biar pertengkaran itu tidak berlarut-larut. Dan itulah puncak kemarahanku juga ke adik ipar, saya tidak suka dia ngomong kasar ke ibuku, akhirnya ku tegur dan kumarahin dia..hehehe..hehehe, tapi peristiwa itu ternyata membuat dia sadar akan kesalahan dan sikap maja serta kekanak-kanakannya berkurang, semoga saja berubah hehehhehe

3 comments:

sonya said...

iya mbaakkk jangan cepet2 ngasi obat... mending pake tradisional ajah... cium buat azka dari kakak atha dan t sonya (jangan bilang tante ahh kayak film apa gitu) hhahahahaha :*

ummi zara said...

Terimakasih mba tips nya.....

kampoeng kebab said...

Makasi yaa atas tipsnya setelah aq kasih air matang n kuteteskan minyak kayu putih hidung anakku ndak mampet .... Jadi bisa bobok nyenyak