Wednesday, October 07, 2009

PINANGAN

Antara senang dan sedih saat hari itu mulai mendekat, di hari rabu 23 Sept 2009 kutelah dipinangnya. Tak kusangka karena acara yang cukup sederhana akhirnya bisa berjalan lancar. Walaupun diawal acara kita semua merasa ketir-ketir karena acara yang diperkirakan bisa dimulai jam 12an ternyata molor jadi jam 3 sore.

Kemacetan karena arus mudik lebaran telah dimulai, maka jarak Kudus - Ponorogo yang seharusnya bisa ditempuh 5 ampe 6 jam jadi molor hampir 8 jam-an. Selain masakan yang sudah mulai mendingin, ke-kwatiran terjadi apa-apa di jalan itu yang sangat dipikirkan. Walau harus bolak-balik dan pening memikirkan keterlambatan mempelai pria, namun alhamdullilah acara berjalan sukses.


Meminang atau melamar dalam arti kata yang umum yakni suatu pernyataan bahwa si calon mempelai wanita telah di" iket " oleh si mempelai lelaki, jika ada orang lain yang mau meminang harus dicancel dulu utnuk pinangan orang pertamanya. Jadi dipinang disini bisa diartikan 'dipatenkan'. Di acara lamaran ini dibicarakan kemantapan keduanya untuk melangsungkan pernikahan, dan penentuan tanggal pernikahan. Selain saling memperkenalkan anggota keluarga dan silaturahmi dari kedua belah pihak, acara pinangan ini dipakai juga sebagai ajang pengenalan tradisi masing-masing.

Semoga dengan pinangan ini menjadikan dua insan bersatu untuk mengarungi kehidupan menjadi lebih baik dan diberkahi oleh Allah SWT. Selain itu juga mempererat tali silaturahmi kedua keluarga besar Ponorogo dan Kudus. Amin..

No comments: