Wednesday, October 07, 2009

BATIK

02102009 adalah hari batik se-indonesia. Batik yang memang dari awal yang saya tahu adalah karya nenek moyang kita. Tapi akhir-akhir ini banyak banget tanyangan TV, tulisan yang menyatakan kalau malasia mengklaim batik adalah budaya mereka. Karena adanya ulah malasia itulah rakyat indonesia kocar-kacir pengen nyelametin asset bangsa. Ya aneh aza, kok tiba-tiba malasia mengakui batik budaya mereka, padahal dari jaman penjajahan, kita bisa liat ibu-ibu memakai jarit batik buat jodohin kebaya-nya.


Bukan sekedar rasa sakit hati, tapi rasa memiliki yang cukup tinggi maka pemerintah mengajukan batik sebagai kebudayaan indonesia ke kancah dunia. UNESCO akhirnya memberikat predikat batik sebagai asset bangsa tercinta ini pada tanggal 2 oktober 2009. Untuk mensyukurinya maka pada tanggal tersebut dijadikan hari batik se-indonesia.

Seru aza ngeliat semua orang memakai batik saat pergi bekerja, ke sekolah, berjualan di pasar dan kaki lima, sungguh pemandangan yang membuat hati ini berbagga untuk bangsa besar ini. Dari lapisan paling bawah hingga kalangan pejabat teras atas memakai batik.

No comments: