Friday, October 02, 2009

Puasa - Mudik - Lebaran


Tiga hal yang selalu dinanti tiap tahunnya yakni rutinitas puasa ramadhan, dilanjutkan lebaran dengan bermudik ria. Puasa sebagai kewajiban muslim terhadap agamanya, menjadikan kita lebih mawas diri bahwa ada di bagian tertentu orang merasakan lapar dan dahaga seperti kita merasakan puasa ramadhan, adanya puasa diharapkan semuanya mengambil hikmah dan pahalanya. Ada yang unik dari puasa-puasa yang pernah saya jalani karena hampir 10 tahun terakhir puasa saya selalu jauh dari orang tua dan keluarga karena tuntutan pekerjaan sehingga membuat saya harus hidup mandiri di kostan. Untung karena setiap menghuni kost, teman-teman kostan adalah saudara terdekat dalam kehidupan sehari-hari. Di tiap sahur kita beramai-ramai memasak masakan buat sahur dan merlari -lari untuk melakukan sholat subuh. Dan lucunya lagi selalu menyempatkan diri berbuka puasa bersama dan bertarawih di masjid bersama-sama.




Tak kan pernah kulupakan kenangan indah puasa bareng teman-teman kostan. Dan diakhir puasa dilalui dengan mudik ke kampung halaman, walau bermacet-macet ria selalu dijalanin dengan suka cita. Perjalanan dari jakarta ke ponorogo dilalui sekitar 24 jam lebih jika memakai kendaraan sendiri karena terkena mancet padahal normal perjalanan adalah 12 jam...hhhhmmmmm, cukup menguras waktu dan tenaga, namun itulah indahnya mudik.





Dari orang naik motor berboncengan bertiga lebih, naik mobil dengan penumpang penuh sesak, naik mobil dengan bak terbuka, adalah pandangan biasa dalam perjalanan mudik ke kampung halaman. Mungkin tradisi mudik ini hanya terjadi di negara tercinta indonesia, namun itulah ciri khas bangsa yang haruis dilestarikan.





Suasana lebaran adalah suasana senang dan haru, banyak kata maaf yang terlontar dari mulut tiap orang untuk mengurangi banyak dosa yang telah diperbuat dengan sesama. Bulan nan fitri dengan segala kehiru pikikan kota yang berbeda-beda. Tradisi memberi uang adalah tradisi rakyat untuk melestarikan budaya salaing memberi dan membantu. Itulah indahnya puasa dan lebaran.

No comments: