Monday, April 16, 2012

Azka 19 bulan


Balonku ada lima....
Rupa-rupa warnanya...
merah kuning kelabu,
merah muda dan ungu ...(biru)
meletus balon hijau..Dorrr...
hatiku sangat kacau...
balonku tinggal tiga...(empat)
kupegang rat-rat (erat-erat)..

itulah yang tiap hari di dendangkan si kecilku azka , tidak siang atau malam , mulutnya byerocos tuch lagu. Heran , kenapa azka begitu antusiasnya dengan namanya BALON atau dia selalu sebut "DES (dor)". Dari usia 5 bulanan, azka dah kepicut dan jatuh cinta dgn apapun yang mirip dengan balon. Dimana pun dia berada jika liat balon akan merengek-rengek untuk ambil tuch balon. Pernah, di toko buku gramedia, dia nangis jerit-jerit krn di gramedia lagi ultah jadi di tiap atapnya bergelantungan tuch balon...hehehehhe, mana gak boleh ambil pula :).


Tidak hanya lagu balonku saja tp lagu cicak di dinding dan nina bobok adalah lagu andalan azka berikutnya, dari awal sampai akhir dia hapal lagu-lagu tersebut. Alhasil si ayah akan selalu menyetel video lagu-lagu tersebut tiap hari , dan kudu mentrainingkan si embak untuk bisa on-off komputer di rumah. Untuk kemampuan motorik lainnya untuk usia 19 bulannya , anakku ini lagi hobi manjat, jadi paling seneng dengan mainan prosotan. Dan sudah lebih dari 35 an kosakata yang dia bisa antara lain :
1. ayah
2. bunda
3. mbahe
4. kakung
5.mpus (kucing)
6.guk-guk (anjing)
7.udah
8.duduk
9.kenyang
10.mimik( kalo khusus minum ASI ke bunda /nenen)
11.Minum ( kalau minum selain ASI jadi minum air putih, UHT,es teh dll)
12.sana
13. jajan
14.nyangkut
15.apa ini
16.apa itu
17.hape
18 pipi (TV)
19.aptu (sepatu)
20. Des ( dor )
21. balon
22.peda (sepeda)
23.kudus ( nama kota kalau kakaungnya dateng)
24.maem
25.mau
26.emoh (tidak mau dalam bahasa jawa)
27.pisang
28.gedang( pisang dalam bahasa jawa)
29.atas
30.nyamuk.
31.gendong
32.bobo
33.TK (sekolah TK tempat bermainnya tiap pagi )
34.cang ijo (bubur kacang ijo yakni makanan kesukaannya ).
35.semua panca indra dah hapal dari mata, tangan, kaki, mulut,hidung dan telinga ..


Mungkin punya anak usia toddler adalah masa-masa indah dalam pembelajaran seorang ibu, tak hanya pinter-pinternya berkomunikasi dan berinteraksi agar si kecil bisa belajar bersosialisasi tetapi juga kudu mototik kasarnya kita asah, dan ini butuh extra tenaga. Usia 19 bulan adalah masa aktif nya si kecil dengan melakukan hal-hal extrem tanpa melihat resiko atas kelakuannya. Seperti saat ini, azka lagi seneng lari kesana kemari menju tempat-tempat yang membuat dia senang dan nyaman. Warung depan rumah adalah tongkrongannya tiap saat, selain dia bisa bersosialisasi dengan teman-teman seumurannya , dia lagi seneng mencoba makan-makanan kecil yang tak biasa bunda-ayah nya kasih. Ya, permen dan chiki telah di coba olehnya, dan ini adalah awal dari reaksi saya untuk bilang NO ke azka, boleh coba satu atau dua kali tp kalau jadi keterusan itu yang saya kwatirkan, selain kantong ayah bunda menipis, kadar gizi dari makanan itu kecil juga jadilah saya wanti-wanti ke embak nya untuk jangan jajan lagi :).


No comments: