Tuesday, January 31, 2012

Azka (9-12bulan)

Yup, diusia 9 bulan azka dah mulai berdiri, walaupun masih kurang pede. Hal yang membuatku takjud adalah di usianya yang ke 9 bulan dia lagi seneng banget dengan menu makan apapun, mau yang kering atau berkuah pasti dilahapnya sampai habis. berat badannya masih terus naik, di usia 9 bulan BB azka dah di atas rata-rata makanya badannya keliatan gembul hehehehe. Memang di usia segini, sebagian anak dah mulai susah makan ternyata anakku tidak, sang nenek selalu kwatir susah makan karena semua makanan azka no gula garam, jadi sang nenek kwatir si anak tar bosen makan krn merasakan rasa yang hampar. tapi karena saya selalu berpikir dan selalu cari tahu kalau gula garam itu tidak diperkenankan di usia di bawah 1 tahun makanya saya abaikan saja omongan mertua hehehehhe. (*maaf ya bu, bukan maksud hati menentang, tp kalau urusan anak saya gak akan coba-coba hehehe )

nah, yang bikin sedih lagi pas usianya yang ke 10 bulan azka kena rosella atau yang disebut dgn cacar ,jadi selama 4 hari panas tinggi 38-39 lebi, dan kambuhnya di tiap tengah malam. Di awal-awal sakit saya tidak tahu ini anak sakit apa, krn saya coba bawa ke dokter katanya karena mau tumbuh gigi, dan ternyata memang benar, gigi azka tumbuh 2 buah di bagian bawah,namun tak kunjung turun juga. Akhirnya di hari ke 3 saya coba cek lagi ke dokter, dimana sebelumnya pas hari selasa  malam saya sudah ke dokter fajar yakni DSA langganan azka di RSIA buah hati ciputat, akhirnya di rabu sore saya cek lagi ke dokter jaga di RS yang sama, tp saya kurang puas dengan jawaban dokter pauline yang sama sekali tidak  recomended :). Setelah 4 hari panas badannya tisak turun-turn juga akhirnya saya coba alternatif dokter lain yang kata orang di ciputat adalah dokter paling diminati dan jadi idola para ibu-ibu di RSIA sana yakni dokter aditya. Yach karena penasaran saya coba reserved untuk jadi pasien dokter aditya, datang ja 4 sore baru masuk ke prakter nya jam 9 malam...GILA .... dah antri panjang, dan anak dalam keadaan sakit pula, jadi stress bawaannya, dan ternyata konsultasinya tidak seperti yang saya bayangkan. Konsulasi dengan dokter yang katanya dokter favorit ternyata langsung dicocolin dgn penawaran obat panas, langsung drop dech gw, ini dokter atau sales obat :( . Untung saya sudah banyak tanya dan browsing tentang penyakit anak-anak, jadi saya tdk tebus obat bla-bla yang disarankan oleh dokter aditya, saya kecewa, krn pelayanan ke pasiennya tidak responsiveness , seharusnya dengerin dulu gejala sakit anak saya bukan langsung kasih obat dgn janji besok sembuh. Anehhh memang, hari gini dok !!!!. jadi hal ini jadi pelajaran saya, kalau jadi ibu kudu pinter dan smart.

Dan pas usia 11 bulan pulalah pertama kali azka pulang kampung ke ponorogo dan ke kudus. karena moment labaran jadinya barang bawaan adalah semobil full. Semua peralatan dari mandi, tidur, makan semuanya saya bawa. Dan yang jadi indahnya di moment se-11 bulannya adalah azka pertama kali bisa bicara yakni AYAH...dan seminggu setelah kata ayah adalah mbah..,pokoe 2 suku kata dia sudah bisa. Memang di usia 11 bulan ini, ada yang ngomong katanya anak-anak sudah bisa berjalan tapi azka ternayata belaum, tapi saya tak ambil pusing krn saya selalu berpikir bahwa tiap-tiap anak perkembangannya beda-beda. Dan ternyata benar, azka lebih cepat lisannya /bicara daripada jalan dan tumbuh gigi nya. Di usia 12 bulan pun azka baru tumbuh gigi 2 dan belum jalan, tetapi kosakatanya sudah lumayan banyak dari kata maem, ayah,mabk,abang, sate, mau,emoh,meong,ayam,gak. Ya memang luar biasa indahnya perkembangan anak zaman sekarang. Dan yang bikin pening hoby barunya di usia 1 tahunnya adalah berantakin semua perabotan :)

No comments: