Monday, January 11, 2010

:: OPERA van JAVA --> guyonan nan unik ::


 
Yach, OPV yakni acara komedi yang disiarkan oleh trans 7. Sebuah bentuk komedi yang bisa menyegarkan suasana hati para penikmat layar televisi, yang mungkin sudah bosan dengan tanyangan sinetron yang hanya meracuni bangsa ini. Kalau dulu, kita banyak disuguhi dengan lawakan gaya khas srimulat, kirun dkk, patrio,empat sekawan, bajaj dan lain-lain, tetapi komedi ala OPERA VAN JAVA ini saya bilang unik dan bagus. Selain mengangkat tema-tema legenda, bayolan para pemainnya tidak ndeso dan lebih sopan.

Opera Van Java yang tayang tiap hari kecuali hari sabtu malam jam 20.00 di trans 7 yang didukung oleh Parto patri sebagai dalang, Sinden didukung oleh dewi gita dan Rina, dan didukung oleh pemain sule, aziz gagap, andre taulani dan bintang tamu yang tiap episode berbeda. Yup, acungan jempol patut diajungkan buat team kreative Opera van java, selain menampilkan guyonan, opera van java selalu menampilkan cerita dengan mengangkat cerita-cerita rakyat seperti malin kundang, keong mas,cerita pemayangan, dan ada juga cerita dari luar seperti pinokio, sunkokong, dan tak kalah menariknya mencritakan juga kejadian-kejadian yang lagi "HOT" di masyarakat seperti cerita bibit candra KPK, pembulu tangkis dll.

Seharusnya TV-TV lain mencotoh program ini, bahwa tayangan sinetron yang mengetengahkan budaya konsumtif, dan hura-hura itu tidak cocok ditayangkan. Sinetron yang bagi saya lebih banyak membodohi masyarakat karena dihaturkan dengan cerita percintaan, pemerkosaan, perselingkuhan, penjambretan dll yang nilai negatifnya lebih banyak daripada nilai postifnya. Kadang adanya kebebasan ber-imajinasi sering disalah artikan oleh pihak-pihak tertentu jadi siaran TV makin tak terkontrol dengan alasan kebebasan berekpresi.

Mari kita coba untuk pintar-pintar memilah-milah tontonan mana yang membawa kita menjadi lebih baik. Karena Quality Assurance dari tayangan TV semakin diabaikan oleh pihak-pihak yang berkompeten dalam hal pertelevisian. Jadi jalan satu-satunya untuk membentengi diri dari hal-hal negatif dari tayangan TV, adalah sikap selektivitas dari diri masing-masing.
BRAVO untuk OPERA van JAVA.

1 comment:

Pritha Khalida said...

Hampir gak pernah nonton euy.. krn emang jarang nonton Tv.. soalnya dirumah pake Tv tunner yang udah kedap kedip... hihihi