Thursday, November 12, 2009

# Teknik Industri, Why ? #


Yah, sebenernya mungkin agak basi jika kutulis mengenai seluk beluk Teknik Industri, alasannya karena saya tidak sedang mencari jurusan baru untuk kuliah, karena saya sudah 5 tahun lalu lulus kuliah. Nah, yang jadi alasan kenapa saya menulis tentang Teknik Industri, karensa saya merasa tergelitik untuk membongkar dan menelisik lagi kenapa saya dulu mengambil jurusan Teknik Industri di saat kuliah. Ini bukan sebab tetapi akibat dari sesuatu yang telah saya pilih keputusannya untuk memilih Jurusan Teknik Industri disaat ancang-ancang masuk perguruan tinggi. Sungguh tercenggang saat menikmati setelah 5 tahun keluar dari kuliah bahwa ternyata dunia Teknik Industri cukup menarik jika dipelajari, tak kan merasa rugi jika kita memilih Teknik Industri jika kuliah.

Teknik Industri adalah cabang dari ilmu teknik yang berkenaan dengan pengembangan, perbaikan, implementasi, dan evaluasi sistem integral dari manusia, pengetahuan, peralatan, energi, materi dan proses.Pada dasarnya, ilmu Teknik Industri dapat dibagi ke dalam tiga bidang keahlian, yaitu Sitem Manufaktur, Managemen industri, dan Sistem Industri dan Tekno Ekonomi.

Sistem Manufactur
Sistem manufactur adalah sebuah sistem yang memanfaatkan pendekatan teknik industri untuk peningkatan kualitas, produktivitas dan efisiensi sistem integral yang terdiri atas SDM, peralatan, bahan baku, energi dan informasi melalui proses perancangan, perencanaan, pengoperasian, pengendalian, pemeliharaan dan perbaikan  dengan menjaga keselarasan aspek SDN dan lingkungan kerjanya. Jenis bidang keilmuannya yang sering dipelajari antara lain sistem produksi (Sisprod), perencanaan, dan pengendalian Produksi (P3), pemodelan Sistem (MOSI), Perancangan Tata Letak Pabrik ( PTLF) dan ergonomi




Managemen Industri
Bidang Keahlian Managemen Industri adalah bidang keahlian yang memanfaatkan pendekatan teknik industri untuk menciptakan dan meningkatkan nilai sistem usaha melalui fungsi dan proses managemen dengan bertumpu pada keunggulan SDM dalam menghadapi lingkunagnkerja yang dinamis. Jenis Bidang keilmuan yang dipelajari untuk Managemen Industri antara lain Managemen Keuangan (Menkeu), Managemen Kualitas, Managemen Inovasi, Managemen SDM, Managemen Pemasaran, Ekonomi Teknik dan Managemen Keputusan.



Sistem Industri dan tekno Ekonomi
Nah, untuk sistem industri dan Tekno Ekonomi inilah biasanya yang sangat berhubungan dengan teknologi baru dan banyak bermafaatan bagi seorang engineer. Yakni bidang keahlian yang memanfaatkan pendekatan Teknik Industri untuk peningktan daya saing integral yang terdidi atas tenaga kerja, bahan baku,energi,informasi, teknologi dan infrastruktur yang terintregrasi dengan komunitas bisnis, masyarakat dan pemerintah. Bidang Keilmuan yang berkaitan anatara lain Statistik dan probabilitas industri (statin), sistem logistik, logika pemrograman, Operational Research (OR) dan Sistem Basis Data (Basdat).

Dari Penjelasan dan ulasan tersebut jelas bahwa Teknik Industri adalah ilmu gado-gado yang bisa dikuasi dalam kurun waktu relatif cepat, jadi tak rugi jika saya memilih Teknik Industri sebagai jurusan kuliah saya dulu. Dan yang tak kalah menakjudkan lagi, dunia kerja untuk bidang Teknik Industri ternyata cukup banyak, dari HRD di setiap perusahaan apapun, Accounting adan Finance, Logistik, Inventory, sales dan Marketing dan tak kalah hebatnya lagi bisa juga kita terjun ke IT dan Engineer. Di awal memang banyak orang bilang kalau jurusan Teknik Industri itu adalah jurusan kuliah Banci karena ilmunya setengah-setengah. Namun semuanya itu terbantahkan setelah saya merasakan betapa banyak keuntungannya yang saya dapatkan. I luv u Full hehehehehehe





 

2 comments:

Gada Bina Usaha said...

Bagus mbak Artikelnya...

Anonymous said...

Kka, klau kuliah Teknik Industri itu harus pintar menggambar atau tdak???