Monday, July 20, 2009

Apakah Jenuh-ku akan menyelimutiku ?


Kejenuhan adalah puncak dari sebuah ketidaknyamanan dalam sebuah rutinitas kehidupan. Semua orang akan mengalami hal ini. Dalam ilmu psikologi dipelajari bahwa tingkat kejenuhan seseorang akan mempengaruhi pola pikir dan tingkah lakunya yang akan berakibat positif dan negatif dalam tindak tanduknya. Maka kejenuhan harus dimanage secermat mungkin agar menghasilkan cerminan positif.

Jenuhku dalam melakukan kerjakan kantor sudah overload, saya merasa bahwa ilmu yang kudapat dari inventory sudah mentok, harus ada hal baru dalam rutinitasku agar otakku fresh lagi. hal pertama yang saya pikirkan adalah bisakah saya mutasi ke departement lain untuk memulai me-rotasi isi otakkku yang mulai membeku ? Semakin membeku otakku akan semakin membuat otot-ototku tak bisa kendor untuk menerima hal-hal yang baru. Kuingin sekali banyak membaca buku tentang hal-hal baru agar ter-refresh otak saya ini, namun apa daya waktuku tak bisa berkompromi.

Jika jenuh itu datang maka pola pikir dan rasa malas itu akan hadir. Tak kuasa diriku untuk melakukan pemberontakan itu. Apa mungkin hal ini karena rasa tidak syukurku atas segala nikmat yang kudapatkan. Tapi saat ini bukan waktu yang tepat untuk mencari penyalahan atas segala hal yang kulakukan. Mari melihat kedepan dan melakukan hal-hal postif untuk peningkatan jati diri dalam segala hal. Nah, apa yang yang dilakukan ? Yakni belajar banyak atas hal-hal baru yang belum diketahui, bayak bertanya pada orang yang lebih berpengalaman, dan memperdalam hal-hal yang sudah kita ketahui.

Usaha terus jika kita pantang putus asa pasti ada jalan lurus nan terang di depan sana. Saatnya memupuk otak dengan hal-hal positif bagi diri sendiri. Fungsikan otak kanan dan kiri seseimbang mungkin. Jenuhku kan terobati jika diri ini mau berusaha memperkecil rasa bosan itu. Baca, Berpikir, beranalisis dan berkarya dengan baik maka jenuh itu tak kan menyelimuti diriku lagi ? Apakah ujungnya masih di tempat kerja dengan rutinitas yang sama ataukah dengan tempat lain dengan situasi kerja yang baru ? kita liat saja nanti, tergantung atas usahaku saat ini untuk menghilangkan rasa jenuh itu.

No comments: