Friday, August 03, 2012

Azka (22bln)

Sebenarnya sudah agak telat mau nulis umur azka yang ke 22 bulan ini, karena kemaren-kemaren sibuk dengan kerjaan kantor, trus ngantuk karena hawa puasa trus lagi males nulis juga karena idenya kagak ada hehehehe, jadi lengkaplah alasan tertundanya penulisan cerita si azka ini...jadi kita mulai saja..


Yah, ini perkembangan azka yang bagi saya cukup pesat, saat ini dia sudah bisa lancar bicara. Tak ada lagu yang tak bisa di nyanyikan dan hebatnya baru diajarin itungan menit, dia sudah hapal seluruh barisnya, yah ini seluruh baris.Saya sempet menitikkan air mata di saat dia tiba-tiba nyanyi si kancil dengan lancar dan pelo nya..Bangga dan trenyuh saat saya mendengarnya, karena seingetku saya ngajarin azka itu hanya pas dia mau bobo, selalu saya bacakan surat-surat pendek seperti an-nas, dan lagu-lagu anak-anak. Ternyata penelitian bahwa otak anak kecil terutama 5th pertama adalah golden age itu benar sekali, begitu bersihnya dan lancarnya otak, sehingga apapun yang kita ajarkan , diterima begitu cepatnya oleh saraf otak..ck..ck..ck..ck...subbahanallah.


Selain lancar beryanyi, yang lebih menghebohkan adalah panggilan ke bundanya, dia mengkreasikan sendiri panggilan itu " bunda wiwin" yang disebut dengan "ndawin = bunda wiwin"..woooww...dia menyingkat sendiri panggilan ke bundanya, setiap saat dia akan memanggil saya dengan sebutan "ndawin"..lucu ya, itu gara-gara karena ibu saya (nenek azka) selalu memanggil saya dengan sebutan nama "wiwin" dan karena si azka dari bayi saya ajarkan menyebut "bunda" ke saya, jadi dia rangkai jadi satu singkatan "ndawin"...wakakakkakakak



Tak hanya itu, azka sudah terlihat masa "tantrum" nya, kalau meminta sesuatu jika tidak diturutin dia akan nangis guling-guling, dan tidak kenal tempat, di rumah atau di tempat umum akan dia lakukan huh!!!...dan ini adalah ujian saya, yang sangat berat karena saya orangnya tidak sabaran dan gampang emosi, jadi kalo liat azka yang tantrum maka sudahlah cubitan kecil akan mendarat di pahanya :(. Kadang rasa sesal ini pasti datang setelah melakukan adegan cubit mencubit ini hehehhe, di saat azka dah diem dan tidur lelap dalam dekapan , saya akan cium dan menangis kalo saya inget cubitan itu. Dari hati, selalu saya ingin tidak melakukan hal itu lagi karena takut trauma psikis jika azka diperlakukan seperti itu. Jadi ini adalah PR  saya ,bagaimana menghapai anak yang tantrum dangan sabar dan tenang.

Dan kejadian aneh lainnya tentang tantrum ini pernah saya cubit dan marahin azka karena tidak minum susu yang barusan saya bikinin, dia nangis dan menjerit jerit. Dan tengah malem badannya pansa tinggi dan rewel, setelah saya minta maaf, badannya sudah adem dan mulai tenang ...hehehehhe, jadi memang benar, kita sebagai ibu kudu pinter-pinter manage emosi dan pinter mendidik anak dengan cinta bukan hukuman. Muali saat itu saya bertekat untuk mengajari azka dengan cinta dan kasih sayang bukan dengan hujatan dan punishment. Semoga Allah memberikan kelancaran proses ini :)


No comments: