Saturday, February 28, 2009

TOWN HALL MEETING 2008

TOWN HALL MEETING Bakrie Telecom 2008 adalah suatu meeting besar antara jajaran direksi/ management Bakrie Telecom dengan semua lapisan karyawan. Bertepatan tanggal 27 Februari 2009 bertempat di Balai Kartini Jakarta, acara Town Hall ini berlangsung cukup sukses. Selain diisi dengan hiburan dari manggungnya Band GIGI, yang lebih penting dari acara ini adalah bentuk motivasi jajaran management dan komunikasi dua arah antara management dengan karyawan.



Kalau melihat dari slogan yang diusung dalam town hall kali ini yakni faster, better dan chieper, maka kita sebagai seorang pekerja akan termotivasi untuk menjadi lebih baik. Disaat ekonomi dunia menggeliat dari cobaan yang cukup dasyat di awal tahun 2009 yakni krisis global, Bakrie telecom sebagai perusahaan telekomunikasi 4 besar di Indonesia pasti akan merasakan dampak dari krisis tersebut. Perekonomian dunia ini ibarat jaring laba-laba yang akan sambung-menyambung dan mempunyai sebab akibat dari hal -hal yang dilakukan. Kita tahu krisis global saat ini dampak dari anjloknya saham perusahaan2 raksasa dari negara adidaya Amerika. Perusahaan Properti Amerika mengalami kredit macet yg berakibat pula pada perusahaan otomotif sehingga pasar modal dunia ikut terimbas.



SDM perusahaan adalah aset yang cukup besar dan akan mempunyai dampak untuk maju dan mundurnya perusahaan, jika karyawan tersebut adalah karyawan yang potensi maka perusahaan akan mendapatkan untung darinya dan begitu sebaliknya. Nah, adanya krisis global saat ini, para karyawan perusahaan akan mengalami dampaknya pula, seperti ada PHK jika perusahaan tempat bernaungnya tidak lagi bisa mengoperasikan mereka karena keterbatasan Dana operasion. Ujung-ujungnya dari proses krisis global ini yang cukup diresahkan adalah para karyawan. Jadi Sebuah perusahaan biasanya akan melakukan PHK ini adalah alternatif terakhir dari sekian solusi yang mungkin dilakukan. Karena perusahaan akan memperhitungkan jika suatu saat perusahaan mampu lagi beroperasi, perusahaan akan mengeluarkan biaya cukup besar untuk perekrutan karyawan baru, dan akan melakukan training dari awal untuk karyawan baru, dimana hal ini memerlukan biaya yang tidak sedikit. Jadi alternatif PHK ini mesti dilakukan Perusahaan sebagai solusi terakhir.



Namun selain SDM, infrastuktur, teknologi dan system serta core bisnis yang akan dijual adalah hal yang tak kalah pentingnya untuk kemajuan suatu perusahaan. Namun hal-hal ini bisa berjalan dengan baik jika SDM yang melakukannnya adalah orang-orang yang handal. Perusahaan besar tidak akan segan-segan untuk mentrainingkan karyawan yang mempunyai potensi dan skill tinggi bagi karyawan yang berpengaruh bagi kemajuan Perusahaaan. Maka kita sebagai karyawan, sebaiknya mulai mengaca pada diri masing-masing, apa skill yang bisa kita angkat untuk kemajuan perusahaan yang telah membesarkan dan memberikan penghasilan buat karyawan. Karyawan bekerja bukan saja hanya mengerjaan apa yang disuruh, tetapi harus mampu meng-explore dan terus belajar tentang hal-hal baru yang berhubungan dengan job desk masing-masing. Banggalah anda berada pada perusahaan yang besar yang mampu menghidupi kita :)

No comments: