Saturday, July 29, 2006

Minum Kopi & Ngobrol di HP, Sama Manfaatnya!



Ingin lebih segar tapi ogah minum kopi?
Nah, mendingan ngobrol aja di handphone.

Penelitian terbaru membuktikan, sinyal HP punya efek yang sama untuk menstimulasi otak sepertinya layaknya efek kafein pada kopi.
Pengaruh getaran elektromagnetik pada HP bisa merangsang otak.
Rasangan yang diberikan tidak besar, namun cukup berpengaruh untuk membuat seseorang lebih bergairah layaknya setelah minum kopi. Demikian detikhot kutip dari findarticles, Jumat (28/7/2006).

Penelitian ini diungkapkan oleh Dr. Alvaro Pascual-Leone, profesor neurologi di sekolah kedokteran Harvard. Dr Alvaro dan tim penelitinya mengadakan eksperimen pada 15 pria berusia 20-36 tahun.
Para pria ini diminta untuk mengenakan helm yang ditempel oleh HP di telinga kirinya. Selama 45 menit, HP tersebut dinyalakan, namun para peserta tak mengetahui kapan HP tersebut dinyalakan dan dimatikan.

Hasilnya, ketika HP dinyalakan terjadi peningkatan aktivitas korteks otak (bagian terluar dari otak yang mengatur fungsi motorik dan bahasa) di bagian sebelah kiri (tempat HP dipasang). "Kalau anda meminum kopi, anda bisa saja mendapat efek yang serupa atau lebih dari apa yang kami temukan disini," ujar Alvaro.

Walau demikian, para ilmuwan ini tidak bisa menyimpulkan apakah hasil ini berarti baik atau buruk. Sejak beberapa tahun silam, gelombang elektromagnetik yang dikeluarkan HP disinyalir memiliki efek yang negatif bagi otak.

Namun dari berbagai penelitian yang diadakan, dampak negatif yang signifikan belum ditemukan secara pasti.
"Hasil penelitian ini cukup menarik, tapi bukan untuk menunjukkan kalau HP punya efek negatif. Sebaiknya orang-orang tidak langsung mengubah perilakunya," papar Dr. S. Claiborne Johnston, seorang profesor Neurologi di University of California, San Francisco

1 comment:

the kalong's said...

sayah biasanya ngelakuin dua2nya barengan... minum kopi sambil ngobrol di HP. Kalo gitu manfaatnya dobel dunks.. hehehehe... :P